Tips Desain Poster Yang Baik Dan Informatif Graprint

Berikut tips desain poster yang baik dan informatif yang perlu Anda ketahui. Poster adalah media komunikasi dan promosi yang masih cukup populer dan efektif untuk digunakan, tergantung pada ketepatan lokasi pemasangannya dan kekuatan desainnya. Berikut ini akan dibahas mengenai tips desain poster yang baik dan informatif, sebagai berikut.

Suatu poster yang baik dan informatif itu adalah yang dapat menjangkau sebanyak mungkin pembaca dan diantara para pembaca tersebut semaksimal mungkin adalah target pembaca yang memang dituju dan menjadi sasaran informasi dari pembuatan dan pemasangan poster tersebut. Oleh karenanya maka lokasi pemasangan poster yang strategis dan tepat juga penting dalam hal ini.

Desain Poster Yang Baik Dan Informatif

Kemudian juga muatan informasi yang menjadi tujuan pembuatan dan pemasangan poster bisa tersampaikan dengan secara jelas dan tepat kepada pembacanya. Inilah mengapa desain poster sangat penting. Tips desain poster yang baik dan informatif adalah sebagai berikut ini.

Huruf Yang Terbaca Dengan Jelas

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pilihan jenis dan ukuran serta warna hurufnya. Usahakan supaya ukuran huruf tidak terlalu kecil atau justru terlalu besar sehingga akan menyebabkan kalimat tulisan di poster jadi sulit terbaca, pertimbangkan jarak bacanya, yakni jarak antara tempat pemasangan poster dengan tempat para pembacanya, yakni arus orang yang berlalu lalang di sekitar tempat poster tersebut dipajang.

Demikian juga dengan jenis huruf dan warna hurufnya, jika perusahaan belum memiliki standar ciri khas suatu jenis huruf dan warna tertentu maka pilihlah jenis huruf yang sederhana dan tidak terlalu rumit desainnya supaya lebih mudah dibaca. Sedangkan untuk warnanya pilihlah warna yang cerah supaya jelas terlihat dan dapat menarik perhatian, usahakan supaya pilihan warna huruf menunjang agar poster menjadi menarik dan dapat terlihat jelas tulisannya meski dari jarak yang jauh.

BACA JUGA :  Pengertian Dan Fungsi Kartu Nama

Kalau perlu bisa diberi warna yang berbeda antara warna dalam huruf dengan warna tepian hurufnya, guna mempertegas bentuk masing-masing hurufnya, sehingga tulisan pada poster menjadi jelas terlihat.

Kalimat Yang Jelas Dan Tidak Terlalu Panjang

Guna menyampaikan informasi maka usahakan supaya menggunakan kalimat yang sependek mungkin, singkat, jelas dan padat, karena kalimat yang terlalu panjang dan berbelit-belit akan menyulitkan untuk membacanya dan juga mencerna maksud dan arti kalimat tersebut, juga timbul risiko akan menjadi bias kalimatnya dan akan menimbulkan salah arti bagi pembacanya. Selain jelas, kalimat itu juga harus menarik.

Usahakan untuk membuat kalimat yang persuasif, yang menarik dan awali kalimat atau tonjolkan kalimat yang dapat membuat pembaca mau dan ingin membaca keseluruhan tulisan dan informasi yang termuat dalam poster tersebut. Pergunakan juga kata-kata yang umum dan populer agar lebih menarik dan juga mudah dimengerti dan tidak berisiko menimbulkan bias, sehingga poster tersebut dapat menyampaikan informasi dengan sejelas mungkin kepada pembacanya.

Komposisi Poster

Selain memuat tulisan, maka poster akan lebih menarik juga jika disertai dengan gambar atau logo. Pilihlah gambar dan cetak dengan kualitas yang memadai sehingga gambar atau logo bisa terlihat dengan jelas dan menarik perhatian. Perhatikan juga komposisi letak dan ukurannya, sehingga akan optimal susunan antara gambar dengan tulisan pada poster, sehingga tidak hanya menarik tapi juga informatif.

Perhatikan juga warna latar belakang posternya, pilihlah warna-warna yang lebih gelap dari warna huruf dan gambar sehingga dapat menonjolkan tulisan dan gambar atau logo pada poster, namun juga mampu memberi nuansa pada hasil akhir warna dominan poster yang nampak dan bisa terlihat sejak dari jauh serta bisa menarik perhatian para pembaca.

BACA JUGA :  Apa Itu Percetakan?

Bahan Poster

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah bahan pembuatan posternya. Jika poster akan dipajang secara indoor, di dalam ruangan dan untuk jangka waktu yang pendek saja, maka bahan dari kertas sudah cukup, namun jika poster akan dipasang di luar ruangan secara outdoor dan untuk jangka waktu yang cukup lama maka poster berbahan plastik bisa menjadi pilihan karena akan bisa lebih awet.

Sedangkan untuk menarik perhatian maka poster yang dicetak dengan hasil akhir glossy akan bisa lebih menarik perhatian daripada poster yang dicetak dengan hasil akhir doff. Demikianlah pembahasan mengenai tips desain poster yang baik dan informatif.

Related Posts