Tips Desain Kartu Undangan Pernikahan Graprint

Sebelum menyelenggarakan acara pernikahan, banyak sekali yang harus dipersiapkan oleh sepasang kekasih yang akan merayakan hari bahagia. Salah satunya adalah mempersiapkan undangan pernikahan. Jika ingin membuat undangan sendiri, maka gunakan saja tips desain kartu undangan pernikahan.

Namun tidak semua pasangan memiliki waktu lebih untuk mengurus undangan pernikahan mereka sendiri. Biasanya mereka menggunakan jasa para wedding organizer untuk mengurus keperluan pernikahan. Namun tidak jarang juga pasangan yang lebih memilih untuk mengurus sendiri segala keperluan mereka, termasuk memilih desain yang tepat untuk undangan pernikahan.

Banyak pertimbangan dalam memilih desain undangan pernikahan yang cocok. Entah itu ukuran, warna, font apa yang akan digunakan, sampai ketebalan dari kertas undangan tersebut. Kemudian bagaimana agar undangan tersebut terlihat elegan?

Tidak perlu risau dan pusing-pusing, di artikel ini akan membahas mengenai tips desain kartu undangan pernikahan yang akan membantu dalam memutuskan bagaimana desain yang cocok. Langsung saja simak tips-tips di bawah ini.

Tips Desain Kartu Undangan Pernikahan

Beberapa tips tips desain kartu undangan pernikahan yang bisa Anda lakukan seperti:

  1. Style Undangan

Tips desain kartu undangan pernikahan yang pertama adalah menentukan style. Akan lebih baik jika style undangan ini serasi dengan tema yang direncanakan. Style yang umum digunakan dalam undangan pernikahan adalah tradisional dan elegan yang sesuai baik untuk pernikahan dengan suasana formal maupun informal, art deco  yang sentuhan vintage­-nya kuat dan modern atau art deco yang meminjam style tahun 1950-an dengan dominasi warna pastel yang khas.

  1. Jenis dan Warna Huruf

Komponen yang satu ini sangat berpengaruh dalam undangan. Dengan memilih jenis dan warna tulisan yang tepat, undangan akan terlihat lebih elegan dan menarik. Akan lebih baik jika kombinasi warna tidak terlalu ramai, karena akan membuat undangan terlihat “norak”. Pilihlah jasa percetakan yang terpercaya agar hasil memuaskan dan sesuai ekspektasi.

  1. Utamakan Kepraktisan
BACA JUGA :  Perbedaan Pamflet Leaflet Dan Brosur

Merancangkan kepraktisan adalah tips desain kartu undangan pernikahan yang berikutnya. Tentukan terlebih dahulu apakah Anda menginginkan dimensi undangan portrait atau landscape. Kemudian rancang ukuran kartu sesuai dengan ukuran sampul, sehingga kartu undangan bisa masuk ke dalam sampul tanpa ada kesalahan seperti kartu yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Jangan lupa, meskipun simpel dan praktis, informasi dalam undangan juga harus jelas agar tidak membingungkan orang yang mendapatkan undangan tersebut.

  1. Hiasan Bunga-Bunga Juga Bagus

Siapa bilang adanya hiasan berupa bunga membuat undangan terlihat kuno dan norak? Membuat bunga dengan sentuhan modern dan diselesaikan dengan baik justru membuatnya tampak elegan dan sempurna. Namun kontras dan pemilihan warna juga harus diperhatikan agar hiasan bunga ini tidak tampak mati.

  1. Menggunakan Fotografi

Tidak banyak pasangan yang menggunakan hasil dari sebuah fotografi dalam undangan pernikahan mereka. Kebanyakan lebih memilih untuk menggunakan ilustrasi atau tipografi. Namun, agar undangan pernikahan terlihat unik, pertimbangkanlah untuk menggunakan hasil fotografi. Selain terkesan modern, undangan dengan hasil fotografi juga ideal untuk Anda yang kurang menyukai tema vintage.

  1. Jangan Gunakan “Dan”

Ada alasan mengapa orang biasanya lebih menggunakan simbol “&” daripada hanya sekadar kata “dan” yang tidak menarik dalam undangan pernikahan mereka. Selain terkesan lebih elegan, simbol ini juga lebih menarik dan tidak mengganggu teks yang lain.

  1. Letakkan Tulisan di Tengah

Apapun style yang Anda gunakan dalam undangan pernikahan Anda, pastikan teks sudah disesuaikan untuk berada di tengah. Kenapa harus di tengah? Teks yang berada di tengah akan menonjolkan makna undangan yang penting dan formal.

Saat mengatur teks pada desainmu, pastikan dahulu sudah men-drag vertical guide pada bagian titik tengah halaman. Kemudian pastikan juga semua bingkai teks sejajar. Anda juga bisa membedakan jenis dan ukuran huruf pada tiap bagian. Aturlah nama pasangan dengan teks italic yang berukuran besar, kemudian bold bagian tanggal dan waktu dengan ukuran yang lebih kecil.

BACA JUGA :  Apa Itu Percetakan?

Pikirkan untuk membatasi tiap bagian teks yang berbeda dengan pemisah seperti banner pita untuk style vintage, atau skrip elegan untuk desain tradisional. Dengan begini, informasi akan terlihat lebih jelas.

  1. Jadikan Undangan itu Pribadi

Tidak masalah apapun jenis style yang dipilih untuk kartu undangan ini, namun semua kembali lagi pada selera pasangan yang menyelenggarakan pernikahan tersebut. Jika undangan ini milik Anda sendiri, tentu tidak jadi masalah. Akan tetapi apabila undangan ini Anda rancang untuk orang lain, jangan sampai terlena dan merancangnya sesuai selera pribadi. Pasangan bisa kecewa jika desain kartu yang mereka pesan tidak sesuai dengan selera mereka. Anda tidak akan mengetahui preferensi tiap individu kecuali Anda menanyakannya.

Nah, itulah beberapa tips desain kartu undangan pernikahan yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya. Kalau undangan pernikahan Anda tampak cantik dan menarik untuk dilihat, yang puas bukan Anda saja, tetapi juga orang-orang terkasih yang Anda undang.

Related Posts