Tips Desain Buku Menu Makanan Yang Menarik Graprint

Apakah Anda berencana membuka restoran atau kafe sendiri? Atau apakah sedang merancang restoran / kafe? Jika Anda berada di tahap tersebut, Anda tentu harus mempersiapkan desain buku menu makanan. Pentingnya buku menu makanan memang harus diperhatikan oleh pengusaha restoran untuk memperkenalkan aneka menu hidangan yang disajikan di restoran tersebut.

Dengan buku menu menu para pengunjung restoran dapat memilih berbagai hidangan yang mereka inginkan dengan mudah. Karena mereka memperoleh informasi mengenai aneka macam hidangan yang tersedia tanpa repot-repot lagi untuk bertanya. Karena itulah membuat desain buku menu makanan sangat disarankan. Menu makanan yang didesain menarik, unik dan bagus tentu akan memberikan kesan positif dan istimewa dalam benak konsumen. Selain itu buku menu pun harus melambangkan konsep dan tema yang diangkat untuk restoran atau kafe Anda.

Tips Desain Buku Menu Makanan Yang Menarik

Pada pembuatan desain buku menu makanan itu sendiri, kebanyakan pengusaha restoran biasanya memilih untuk menggunakan jasa desain grafis. Meskipun demikian, ada pula pemilik restoran yang ingin mendesain sendiri buku menunya memakai software photoshop, seperti Adobe Photoshop. Namun jika Anda masih bingung, berikut pilihan tips desain buku menu makanan yang bisa Anda coba diantaranya :

  1. Menempatkan Menu di Tempat Yang Tepat

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat buku menu yang kreatif bagi sebuah restoran ialah dengan mengelompokkan menu. Saat hendak mengelompokkan masing-masing menu, sebaiknya terapkan pembagian yang lebih mudah dipahami dan masuk akal. Anda bisa membaginya sesuai dengan jenis menu hidangan yang ditawarkan, misalnya membagi berbagai menu makanan sebagai menu pilihan untuk makanan pembuka, pilihan menu makanan penutup dan juga makanan utama. Atau bisa juga membaginya menurut jenis makanan, seperti sushi, udon dan lain sebagainya.

  1. Aplikasikan Foto-Foto Makanan Yang Sangat Menggoda
BACA JUGA :  Tips Desain Kop Surat Perusahaan Yang Profesional

BIla Anda memutuskan memakai foto-foto menu makanan yang disajikan maka sajikanlah foto-foto yang menarik dan terlihat kenikmatan dari foto makanan tersebut, jangan lupa bahwa angel sangat dibutuhkan jangan hanya asal memotretnya. Semakin bagus foto yang disajikan tentu akan lebih menggoda dan menarik banyak peminat. Foto-foto hidangan makanan yang Anda sajikan pada buku menu tentu saja harus menggugah selera pembeli.

Anda juga harus ingat, bahwa Anda wajib memasang foto seperti bentuk makanan aslinya pada pengunjung. Karena itu hindari memakai foto makanan yang sangat berbeda dengan gambar aslinya. Alih-alih ingin menarik minat pengunjung, justru mereka akan kecewa karena mereka merasa dibohongi. Imbasnya pengunjung tidak tertarik lagi untuk membeli makanan di restoran Anda.

  1. Jangan Menyertakan Mata Uang Dalam Menu Makanan

Ini salah satu alasan kenapa banyak pihak restoran yang lebih memilih tidak menyertakan harga pada menu makanan mereka. Adapun alasannya kenapa Anda juga wajib tidak menyertakan harga pada menu makanan yang tersaji di buku menu, sebab mereka cenderung akan menghabiskan uang lebih banyak, ini berdasarkan beberapa penelitian. Jadi Anda harus memastikan agar para pengunjung tidak menyadari berapa banyak jumlah uang yang telah mereka habiskan untuk makan di restoran Anda.

  1. Pilih Warna Yang Sesuai

Tips desain buku menu makanan selanjutnya ialah memilih warna yang tepat dan sesuai konsep restoran Anda. Seperti kita ketahui pemakaian warna bisa mempengaruhi mood seseorang. Di samping itu, pemilihan warna yang tepat juga bisa mengarahkan para pengunjung restoran untuk memilih menu makanan tertentu. Pilihan warna-warna yang menyegarkan sangat pas untuk semakin menggugah selera para pengunjung restoran saat melihat daftar menu makanan yang Anda sajikan.

  1. Menu Makanan Harus Enak dibaca Dan Tampak Rapi
BACA JUGA :  Tips Desain Poster Yang Baik Dan Informatif

Supaya menu makanan enak dibaca dan terlihat rapi, Anda dapat menggunakan kotak atau garis sebagai pembagi tiap bagian. Jika ada menu makanan yang ingin ditonjolkan, maka Anda dapat memakai kotak khusus pada menu tersebut, agar lebih menarik perhatian para pengunjung restoran.

  1. Pilih Tipografi Yang Baik

Tips desain buku menu makanan selanjutnya ialah memilih tipografi yang baik. Pemilihan tipografi ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan hasil penjualan yang lebih banyak dari hidangan menu yang ditawarkan. Agar pengunjung lebih mudah membaca menu yang tersaji pada buku menu, maka Anda bisa menggunakan berbagai jenis atau tipe font yang menarik. Seperti membedakan jenis tulisan yang terdapat antara deskripsi dan nama makanan itu sendiri.

Selain adobe photoshop, Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi lainnya untuk mendesain buku menu makanan, seperti Canva, Adobe Spark, webstaurantstore dan masih banyak yang lainnya. Sekian pembahasan mengenai tips desain buku menu makanan yang menarik.

Related Posts