Sejarah Kartu Nama Yang Perlu Diketahui Graprint

Diera yang sudah serba digital umumnya orang ketika membutuhkan data personal seseorang disimpan lewat handphone atau perangkat elektronik lainnya. Ternyata meskipun begitu masih banyak loh yang menggunakan kartu nama khususnya dalam dunia profesional. Namun pernahkah Anda tahu bagaimana sejarah kartu nama itu sendiri?

Kartu nama memang berbentuk kecil tetapi memiliki fungsi yang tak main-main karena melalui benda tersebut Anda dapat memberikan informasi personal Anda kepada orang lain. Biasanya kartu nama berisikan seputar dunia kerja atau perusahaan tempat Anda bekerja. Pada kartu nama tersebut akan tertera nama, alamat, email, nomor telepon, logo perusahaan dan juga situs website resmi perusahaan jika ada.

Fakta Sejarah Kartu Nama

Tahukah Anda sejarah kartu nama sudah digunakan dalam hal kepentingan tertentu sejak abad ke-17? Berikut ringkasan sejarah singkat dari kartu nama.

ABAD KE 17

Tepatnya pada tahun 1601 sebelum masehi sampai dengan 1700 sebelum masehi, pada saat itu kebanyakan warga negara eropa menggunakan kartu nama sebagai alat informatif. Meskipun ukurannya sangat kecil bahkan bisa dibilang hanya sebesar kartu remi namun sejarah kartu nama pada saat itu dapat menggambarkan status sosial masyarakat.

Dengan menggunakan kartu nama Anda juga bisa berkreasi dengan menciptakan format kartu nama yang unik dan menarik tetapi tetap harus bersifat formal. Sama hal nya dengan abad ke 17 orang orang juga melakukan hal yang sama dalam mengkreasikan kartu nama mereka dengan menggunakan tinta emas.

Diketahui pada abad ke 17 sejarah kartu nama juga digunakan sebagai pemberitahuan kehadiran seorang bangsawan yang datang dan akan menuju ke kota lainnya atau juga bisa sebagai pemberitahuan akan adanya pesta di salah satu rumah dari bangsawan.

BACA JUGA :  Pengertian Booklet Dan Manfaatnya

Abad Ke 18

Dalam perkembangannya, sejarah kartu nama berubah konsepnya sebagai kartu dagang oleh Raja Louis ke-14. Fungsi kartu nama kala itu adalah untuk menunjukan arah dari lokasi pedagang tertentu.

Pada abad ke 18 lebih tepatnya tahun 1701 sebelum masehi sampai dengan 1800 sebelum masehi keberadaan kartu nama semakin lebih bergaya dengan dilengkapi kepingan tembaga.

Sejarah kartu nama pada abad ini juga digunakan sebagai penentu status sosial Anda karena apabila Anda datang bertamu ke salah satu rumah warga kemudian si pemilik rumah akan meminta Anda untuk menunjukan kartu nama milik Anda terlebih dahulu guna mengetahui siapa kah Anda yang bertamu ke rumah nya tersebut.

Abad Ke 19

Abad lahirnya lithographic atau yang biasa dikenal dengan metode cetak pada atas permukaan licin. Yang menjadi unik pada sejarah kartu nama di abad ini ialah terdapat berbagai pilihan jenis kertas pada beberapa percetakan.

Diantaranya; apabila lipatan kartu nama berada pada pojok kiri atas berarti pemilik dari kartu nama segera atau bahkan sudah datang, jika lipatannya bagian pojok kiri bawah itu berarti sebagai tanda perpisahan, namun apabila lipatannya terdapat pada bagian pojok kanan atas itu berarti sebagai tanda ucapan selamat, dan juga jika lipatannya berada pada bagian pojok kanan bawah menandakan rasa berduka cita.

Abad Ke 20

Masuk ke abad ke 20 kehadiran sejarah kartu nama sudah menggunakan teknik letterpress printing atau biasa diketahui dengan menggunakan plat yang ditekan pada permukaan media cetak agar dapat membuat desain dan polanya. Media yang umumnya digunakan yaitu kayu, besi atau metal, kertas, karet, dan plastik.

Setelah abad ke 20 bentuk dari kartu nama pun semakin beragam, seperti ukurannya, bahannya, teknik pembuatannya dan pastinya fungsi yang berbeda dari abad sebelumnya. Pada saat ini kartu nama sudah mencakup ranah dunia kerja atau ranah profesional, pada organisasi juga masih sering digunakan oleh orang-orang untuk mengetahui data personal setiap anggota atau antar organisasi.

BACA JUGA :  Mengenal Berbagai Jenis Banner Dan Fungsinya

Dengan demikian membuat sejarah kartu nama menjadi populer dikalangan masyarakat dan banyak yang sudah mulai menggunakannya. Dari pada harus repot-repot menyebutkan data diri secara satu persatu dengan adanya kartu nama sudah cukup sebagai pengantar informasi data pribadi kita.

Itu dia perkembangan serta fakta dari sejarah kartu nama yang belum banyak diketahui oleh orang-orang, Anda bisa memberikannya kepada orang lain bagi yang belum mengetahuinya ya, agar makin banyak orang yang paham apa sejarah kartu nama yang sebenarnya.

Related Posts