Perbedaan Pamflet Leaflet Dan Brosur Graprint

Jika Anda merupakan salah satu orang yang mengetahui sedikit seluk beluk dari dunia advertising atau periklanan pasti tentu Anda sudah mengetahui pula bahwa ada banyak sekali bentuk dari media advertising. Entah itu baliho, banner, pamflet, leaflet atau pun brosur dan perbedaan pamflet, leaflet dan brosur tentu bukan menjadi masalah bagi Anda.

Akan tetapi bagi orang yang masih awam dengan dunia advertising pasti mereka akan sulit untuk melihat perbedaan pamflet, leaflet dan brosur tersebut. Dan bahkan mereka pikir ketiganya adalah media advertising yang sama padahal tentu jelas berbeda. Bagi Anda yang belum mengetahui berikut ulasannya untuk Anda.

Perbedaan Pamflet, Leaflet dan Brosur

Dunia advertising atau periklanan memang tidak bisa dipungkiri menggunakan banyak media sebagai sarana promosinya. Terdapat banyak media yang selama ini pasti sudah sering temui dimana saja. Seperti contohnya pamflet, leaflet dan juga brosur. Tapi apakah Anda tahu perbedaan pamflet, leaflet dan brosur itu?

  1. Pamflet

Pamflet dapat diartikan sebagai sebuah media yang berisi tulisan dengan informasi termasuk gambar yang dibuat dalam bentuk selebaran biasa dan tidak dibukukan. Dalam penggunaan pamflet sendiri biasanya tidak disertakan banyak gambar, yang mana gambar tersebut hanya digunakan sebagai media penunjang saja untuk menarik minat masyarakat.

Banyak orang yang menggunakan pamflet ini sebagai media promosi atau advertising dikarenakan sifatnya yang mudah dibuat dan tidak harus menggunakan banyak gambar. Selain itu, dari segi harga pamflet tergolong lebih murah sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk media advertising.

Ukuran dari pamflet itu sendiri adalah sebesar satu halaman kertas folio atau kertas A4 dengan dicetak bolak-balik. Dan tanpa dilipat atau dijilid.

  1. Leaflet

Kemudian perbedaan pamflet, leaflet dan brosur selanjutnya akan diisi oleh leaflet. Jadi secara umum, leaflet dapat diartikan sebagai sebuah media atau sarana publikasi singkat yang dibentuk dalam selebaran kertas dan memiliki ukuran yang cukup kecil. Biasanya leaflet hanya terdiri dari 200 hingga 400 karakter huruf saja.

BACA JUGA :  Pengertian Dan Fungsi Company Profile

Perbedaan dari leaflet dari pamflet ini adalah pada bagian penggunaan gambar. Yang mana untuk pamflet hanya digunakan sebagai media penunjang saja. Sementara itu pada leaflet selebaran yang ada pasti disertai oleh gambar-gambar yang menarik dan bisa mewakili isi dari leaflet tersebut.

Fungsi dari penggunaan leaflet ini sendiri bermacam-macam, yaitu sebagai sarana promosi, sarana identifikasi dan yang terakhir adalah sebagai sarana informasi. Dari segi ukuran leaflet hampir memiliki ukuran yang sama dengan pamflet akan tetapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari pada pamflet.

  1. Brosur

Dan perbedaan pamflet, leaflet dan brosur akan ditutup dengan pengertian brosur itu sendiri. Jadi brosur dapat diartikan sebagai alat atau media yang digunakan untuk sarana promosi atau iklan sebuah barang, produk atau jasa yang dibuat dalam bentuk kertas dan memuat sejumlah informasi mengenai produk atau jasa yang diiklankan.

Brosur sendiri juga memiliki 3 (tiga) fungsi seperti leaflet, fungsi tersebut adalah fungsi informatif, fungsi promosi dan fungsi identifikasi. Berbeda dari leaflet ataupun pamflet, brosur disini bebas menggunakan gambar ataupun tidak. Tidak seperti pamflet yang gambar hanya digunakan sebagai media penunjang saja atau leaflet yang harus menggunakan gambar.

Untuk segi ukuran, brosur sendiri biasanya juga berbentuk setidaknya satu halaman folio atau kertas A4. Dan biasanya disebarkan dengan dilipat atau pun dijilid.

Persamaan dari ketiganya tentu adalah sama-sama merupakan media yang digunakan dalam advertising atau periklanan. Sementara itu perbedaan pamflet, leaflet dan brosur adalah terletak pada urusan ukuran dan juga penggunaan gambar.

Sebagai media promosi dan iklan tergolong penting untuk mengetahui perbedaan pamflet, leaflet dan brosur tersebut sehingga Anda akan bisa menentukan media mana yang cocok Anda gunakan dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

BACA JUGA :  Tips Mudah Membuat Kartu Nama Profesional

Anda bisa membuat pamflet, leaflet dan brosur tersebut sendiri atau menggunakan jasa advertising atau periklanan. Harga yang dipatok pun akan disesuaikan dengan kerumitan dari permintaan Anda dan juga berapa banyak media yang Anda butuhkan. Bagaimana sekarang jadi tahu kan perbedaan antara ketiganya? Jangan sampai salah membedakannya ya!

Related Posts