Berikut pembahasan mengenai pengertian manual book dan fungsinya. Manual book adalah buku panduan yang dibuat untuk menyampaikan beberapa informasi kepada calon konsumen. Manual book sering digunakan pada produk baru, supaya dapat memberikan informasi mengenai produk ke konsumen.

Saat ini sebagian besar produk menggunakan inovasi teknologi terbaru. Contohnya komputer, peralatan rumah, dan kendaraannya memakai teknologi canggih. Kecanggihan teknologi mempengaruhi kinerja produk makin sulit. Oleh karena itu setiap produk dibekali manual book yang dapat membantu konsumen dalam memahami kinerja produk.

Begitulah pengertian manual book secari garis besar yang harus dipahami. Setelah memahami pengertian manual book, selanjutnya Anda bisa memahami apa saja fungsi manual book.

Apa Manfaat dan Fungsi Manual Book?

Manual book dapat membantu orang-orang supaya dapat menyelesaikan permasalahan terhadap produk tanpa bantuan ahlinya. Contohnya seseorang mengalami kendala pada produk yang baru dibeli, sebelum menyelesaikan kendala dengan memperbaikinya ke tempat service. Anda bisa membuka manual book dahulu. Dalam manual book dilengkapi cara penyelesaian apabila terjadi kendala pada produk.

Manual book sangat cepat dalam memberikan solusi kepada pengguna produk. Segala informasi mengenai fitur, kelebihan, kekurangan serta lainnya mengenai produk bisa dilihat pada manual book.

Dari segi manfaat dan fungsi manual book, dapat diketahui bahwa manual book sangat membantu pengguna produk untuk mendalami spesifikasinya. Namun kebanyakan pengguna produk malas membaca manual book, karena bacaannya membosankan. Oleh karena itu manual book dilengkapi dengan daftar isi. Jika ada daftar isi, Anda bisa langsung membaca mengenai deskripsi produk yang diinginkan.

Fungsi Manual Book Mengandung Berbagai Informasi Isi

Fungsi manual book tidak lepas dari memberikan informasi kepada konsumen. Berikut merupakan berbagai macam informasi yang dimuat dalam manual book.

BACA JUGA :  Pengertian Desain Grafis Dan Jenisnya

Garansi produk

Manual book dilengkapi informasi garansi produk. Biasanya di dalamnya terdapat surat keterangan garansi. Surat garansi ini hanya berlaku pada waktu yang telah ditetapkan oleh produsen. Terkadang surat keterangan garansi juga diletakkan terpisah.

Spesifikasi Produk

Setiap produk memiliki spesifikasi fitur yang berbeda-beda. Spesifikasi harus dicantumkan di dalam manual book. Tidak hanya penjelasan spesifikasinya saja, melainkan juga dilengkapi deskripsinya juga.

Pusat layanan

Terkadang produk memiliki masalah yang rumit, sehingga membutuhkan teknisi dari pabrik secara langsung. Anda dapat melihat di manual book pusat layanan, disana sudah dituliskan mengenai informasi perusahaan yang berada di sekitar Anda.

Perawatan produk

Manual book dilengkapi dengan instruksi perawatan produk. Informasi perawatan produk sangat penting, apalagi produk seperti komputer atau barang elektronik lainnya. Perawatan produk membantu pengguna lebih mudah melakukan perawatan.

Pengaturan

Manual book wajib menguraikan pengaturan mengoperasikan produk. Tujuannya agar pengguna tidak melakukan kesalahan saat mengoperasikannya. Adapun beberapa pengaturan yang harus dijabarkan adalah teknisi, pemasangan, dan operator.

Identifikasi masalah dengan mudah

Setiap pengguna produk memiliki pengalaman ada permasalahan pada produknya setelah pemakaian beberapa bulan atau lebih. Apabila ada permasalahan, pengguna dapat mengidentifikasi permasalah sendiri dengan melihat manual book pada bab identifikasi masalah. Dengan begitu identifikasi masalah dapat diatasi dengan mudah oleh pengguna.

Instruksi instalasi

Instruksi instalasi menjabarkan pemasangan produk dari bagian satu ke lainnya. Biasanya pengiriman barang seperti kipas angin tidak dilakukan secara utuh, untuk mempermudah proses pengiriman maka bagian-bagiannya harus dilepas satu persatu. Jika tidak ada instruksi instalasi, pengguna produk tidak dapat memasang sendiri. Oleh sebab itu manual book dilengkapi instruksi instalasi.

Instruksi keselamatan

Manual book memuat informasi instruksi keselamatan saat mengoperasikan produk. Instruksi keselamatan harus dijabarkan satu per satu supaya dapat dipahami dengan mudah oleh pengguna. Produk baru yang diletakkan di rumah, diusahakan memiliki manual book yang berisi instruksi keselamatan dilengkapi peringatan penggunaan produk. Alasan adanya instruksi keselamatan dan keamanan supaya pengguna mengoperasikan produk secara hati-hati.

BACA JUGA :  Sejarah Kartu Nama Yang Perlu Diketahui

Nah itulah informasi yang harus ada di manual book. Melihat informasi di atas, sudah dijelaskan secara detail Anda mendapatkan informasi apa saja ketika membaca manual book. Demikian pengertian manual book serta fungsi manual book. Semoga informasi mengenai manual book ini bisa membantu pemahaman Anda lebih tentang betapa pentingnya manual book di suatu produk.

Related Posts