Pengertian Desain Grafis Dan Jenisnya Graprint

Istilah desain grafis pasti bukan merupakan suatu istilah yang asing ditelinga kita. Apalagi desain grafis sangat dekat dengan sarana promosi pada setiap produk. Desain grafis sendiri menjadi salah satu bentuk terapan dari sebuah seni rupa. Namun apakah Anda sudah mengetahui dengan pasti, pengertian desain grafis dan jenis-jenisnya?

Mengetahui pengertian desain grafis sendiri menjadi suatu hal yang penting, karena banyak orang yang hanya mengetahui istilah desain grafis saja tanpa memahami dengan sebenarnya apa itu pengertian dari desain grafis itu sendiri beserta jenis-jenisnya. Dan berikut ini merupakan informasi selengkapnya untuk Anda mengenai desain grafis dan juga jenis-jenisnya.

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis selama ini hanya dikenal sebagai sebuah bentuk logo, gambar, ataupun foto saja. Dan kebanyakan orang hanya mengenal desain grafis sebagai salah satu bidang dalam profesi seni. Tidak jarang pula, banyak orang yang salah atau keliru dalam mengartikan pengertian desain grafis itu sendiri.

Jadi pengertian dari desain grafis adalah sebuah bentuk dari media yang digunakan untuk komunikasi yang berupa visual. Visual sendiri dalam hal ini bisa diartikan sebagai sebuah bentuk foto atau gambar yang memiliki fungsi sebagai media penyampaian suatu informasi. Biasanya bentuk foto atau gambar ini memiliki pesan dan didesain dengan semenarik mungkin.

Desain grafis sendiri menjadi suatu bentuk media promosi yang nyata. Dan dalam proses pembuatannya pun terbilang tidak bisa sembarangan dan asal-asalan. Hal ini dikarenakan sebagai bentuk dari suatu seni, orang yang membuat desain harus memiliki suatu keterampilan dalam bidang visual yang baik.

Kemampuan visual ini akan terbentuk dalam proses pembuatan desain grafis tersebut. Selain itu kemampuan visual ini juga akan menunjang bagus atau tidaknya, indah atau tidaknya suatu karya desain grafis yang dihasilkan. Bahkan seorang pembuat desain grafis juga harus menguasai dasar-dasar keterampilan visual.

BACA JUGA :  Apa Itu Percetakan?

Dasar-dasar keterampilan visual tersebut meliputi fotografi, ilustrasi, typografi, pengolahan gambar, serta tata letak gambar. Sehingga hasilnya akan memuaskan. Ditambah lagi seorang pembuat desain grafis juga diharapkan memiliki nilai keindahan atau estetika yang cukup tinggi. Sehingga karya yang ia buat dapat berbicara, tidak hanya semata bagus saja, akan tetapi juga memiliki nilai estetikanya tersendiri.

Tidak lupa seorang pembuat desain grafis juga dituntut harus mampu menggunakan aplikasi atau software pembuat desain grafis seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, dan sebagainya. Setelah mengetahui apa pengertian desain grafis yang benar maka saatnya masuk kepada jenis-jenis dari grafis itu sendiri.

  1. Grafis Bitmap

Sebagai salah satu bentuk dari sebuah desain grafis, grafis bitmap dapat diartikan sebagai sebuah bentuk gambar yang terbentuk dari kumpulan titik-titik dan juga terbentuk dari kombinasi piksel warna. pada setiap titik yang menyusun bitmap tersebut, akan terdapat sebuah tempat dan warna tersendiri yang jika disatukan akan membentuk sebuah gambar.

Perlu diingat bahwa dalam proses pembuatan jenis grafis bitmap, Anda akan memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar untuk menyimpan hasil karya Anda. Hal ini disebabkan, ukuran karya grafis bitmap akan jauh lebih besar daripada ukuran karya grafis vektor.

Ketika grafis bitmap tersebut disimpan, maka umumnya akan membentuk format tertentu. Format-format tersebut antara lain adalah jpeg, jpg, BMP, gif, pcx dan lain sebagainya.

  1. Grafis Vektor

Untuk jenis kedua dari pengertian desain grafis adalah grafis vektor. Grafis vektor dapat diartikan sebagai sebuah gambar yang terbentuk dari kombinasi titik dan juga garis yang mana dalam proses pembentukannya menggunakan rumusan matematika. Dan dengan rumus matematika itulah dapat terbentuk objek lain baik yang berupa dua dimensi maupun tiga dimensi.

BACA JUGA :  Tips Desain Brosur Yang Menarik Dan Informatif

Contoh dari bentuk grafis vektor adalah bentuk poligon, bujur sangkar, segitiga, lingkaran, kubus, tabung, bola, limas dan lain sebagainya. Grafis vektor ini juga menjadi dasar dari sebuah desain yang nantinya ketika sudah terbentuk dan memiliki pesan berisi informasi tertentu akan disebut sebagai desain grafis.

Itulah pengertian desain grafis dan juga beberapa jenis dari desain grafis itu sendiri. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mempelajari dan membuat sebuah desain grafis?

Related Posts