Mengenal Berbagai Jenis Kalender Di Indonesia Graprint

Setiap hari Anda pasti membutuhkan kalender untuk mengetahui setidaknya sekarang hari apa serta sekarang bulan berapa. Penggunaan kalender dalam kehidupan sehari-hari memang sangat penting sehingga Anda setiap harinya tidak lepas dari yang namanya kalender.

Setiap orang membutuhkan kalender untuk membuat sebuah agenda kedepan dan Anda amat sangat terbantu dengan adanya kalender. Coba bayangkan bagaimana jika Anda hidup tanpa kelender pasti akan kebingungan.

Namun, tahukah Anda jika kalender ternyata terbagi dalam beberapa jenis. Ya jenis kalender ternyata tidak hanya ada satu seperti yang biasanya digunakan lho.

Beberapa Jenis Kalender Yang ada Di Indonesia

Kalender yang biasanya digunakan hanya salah jenis kalender dan ada beberapa jenis lainnya yang jarang Anda gunakan. Meskipun demikian sudah selayaknya kita mengenai berbagai jenis yang ada. Ya, ini tentu sebagai sebuah ilmu baru yang perlu kita tahu, sehingga nantinya Anda mengetahui bahwa kalender ternyata tidak hanya ada satu namun ada beberapa. Berikut ini beberapa jenis kalender yang ada di dunia saat ini dan masih digunakan;

1. Kalender Romawi atau Masehi

Kalender romawi merupakan kalender yang digunakan hampir di setiap negara yang ada di dunia termasuk Indonesia. Kalender masehi sudah ada dari lahirnya Yesus dan Nazareth. Kalender masehi dalam perhitungannya menggunakan gerakan revolusi bumi atau arah gerak bumi mengelilingi matahari.

Perhitungan kalender masehi memiliki 12 bulan dan satu tahun serta dalam satu minggu terdapat 7 hari. Seperti yang Anda ketahui kedua belas bulan tersebut adalah Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, dan Desember.

Sebagian besar negara yang ada di dunia menggunakan kalender masehi yang sebenarnya memiliki tujuan dalam memudahkan komunikasi antar negara.

BACA JUGA :  Tips Mudah Membuat Kartu Nama Profesional

2. Kalender Islam atau Hijriyah

Berbeda dari kalender masehi yang menggunakan pergerakan matahari, maka dalam kalender hijriyah digunakan peredaran bulan sebagai patokan. Kalender hijriyah mungkin jenis kalender yang sudah Anda tahu sebagai masyarakat Indonesia yang sebagian besar beragama Islam. Kalender hijriyah merupakan jenis kalender untuk orang-orang yang beragama Islam di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Kalender hijriyah dilakukan perhitungan ketika hijrahnya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam melakukan hijrah ke Mekkah dan Madinah tahun 622. Penggunaan kalender hijriyah di Indonesia cukup sering bahkan kadang menyaingi kalender masehi.

Penggunaan kalender hijriyah di Indonesia digunakan dalam perhitungan dalam penentuan tanggal dan bulan yang biasanya berkaitan dengan hari penting atau ibadah dalam Islam. Misalnya dalam menentukan 1 Syawal atau hari pertama puasa Ramadhan selain itu bisa juga dalam menentukan hari raya Idul Fitri.

3. Kalender Jawa

Kalender jenis ini juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama suku Jawa dan sudah biasanya jika orang Jawa lebih senang menggunakan kalender Jawa daripada kalender masehi.

Namun, bagi kaum milenial dalam memahami kalender jawa bukanlah hal yang mudah. Hal tersebut dikarenakan kalender Jawa sangat rumit dan perhitungan kalender ini terjadi dalam dua tahap yaitu tahap mingguan atau biasanya disebut pancawara. Pancawara sendiri diambil dari adanya hari pasaran yang ada lima yaitu wage, kliwon, legi, pahing dan pon.

Kalender Jawa dipercaya merupakan percampuran dari kultur Islam dan Hindu-Budha Jawa serta budaya Barat. Seperti Anda tahu bahwa Indonesia dulunya dijajah oleh bangsa barat dan perkembangan Hindu-Budha di Jawa juga sangat lama sehingga tidak heran jika terjadi akulturasi budaya.

4. Kalender Sunda

BACA JUGA :  Pengertian Dan Fungsi Rigid Box

Suku sunda merupakan salah satu suka yang besar di Pulau Jawa sehingga tidak heran jika mereka memiliki kalender Sunda layaknya kalender Jawa. Bentuk dari kalender Sunda sama seperti kalender romawi namun terdapat perbedaan yaitu pada penamaan hari, minggu, serta bulan. Dalam setiap bulannya jumlah harinya sama seperti pada kalender masehi yaitu berkisar 29 sampai 30 hari.

Untuk kalender lainnya yang ada di Indonesia yaitu Kalender Saka dan Kalender Saka Bali. Itulah beberapa jenis kalender yang ada di Indonesia yang wajib Anda ketahui dan mungkin dengan adanya informasi ini Anda akan mengganti kalender sebagai pedoman. Ternyata jenis kalender tidak hanya ada satu saja dan yang ada di atas merupakan sebagian dari jenis-jenis kalender yang ada.

Related Posts