Apa Itu Percetakan GraPrint

Jika ada yang menanyakan apa itu percetakan, maka ada kemungkinan orang tersebut masih belum begitu familiar dengan hal yang satu ini. Anda pun tak bisa menutup mata bahwa pada masa kini ada sejumlah orang yang masih belum mengenal definisi percetakan. Zaman terus mengalami perkembangan secara terus menerus, oleh karena itu percetakan pun hadir untuk memberi kemudahan. Akan tetapi sejumlah orang masih belum mengenal percetakan sehingga mereka pun mempertanyakan apa itu percetakan untuk mengetahuinya secara lebih jelas.

Apa Itu Percetakan?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, masih ada sejumlah orang yang mempertanyakan apa itu percetakan. Singkatnya percetakan adalah suatu proses industri untuk produksi massa gambar dan tulisan terutama menggunakan tinta di atas suatu media yang dilakukan dengan mesin cetak khusus.

Pada zaman dulu percetakan sering kali dikaitkan dengan adanya media informasi seperti koran, buku dan majalah. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, percetakan ini juga sering digunakan untuk mencetak brosur, spanduk, company profile, flyer, foto dan masih banyak lagi yang lainnya. Media yang digunakan pun tak selalu kertas, namun juga kain dan bahan lain sebagainya.

Jika ada yang masih bingung dengan pengertian percetakan, maka definisi lainnya ialah suatu keahlian khusus dari sejumlah orang untuk membuat salinan gambar atau tulisan pada media yang mempunyai permukaan datar dan dilakukan dengan menggunakan mesin cetak. Dengan demikian gambar atau tulisan tersebut pun bisa terpampang jelas di atas media yang digunakan.

Pada masa kini percetakan juga sudah menjadi satu bentuk bisnis yang banyak dijalani oleh sejumlah orang. Adanya percetakan akan memberi kemudahan bagi para konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka. Ada spanduk atau banner, sertifikat, stiker, undangan pernikahan, kartu nama, agenda, kartu nama, souvenir dan banyak benda lain yang membutuhkannya seperti souvenir berupa pulpen, USB dan payung.

BACA JUGA :  Pengertian Booklet Dan Manfaatnya

Dengan menggunakan kemudahan dari percetakan, maka semua kebutuhan dalam hal ini pun bisa dipenuhi dengan baik. Dengan demikian, Anda pun tak perlu bingung lagi dengan apa itu percetakan. Anda bahkan juga bisa memanfaatkan jasa percetakan untuk membuat satu atau beberapa macam produk seperti yang ada di atas demi mencapai suatu tujuan tertentu.

Apa Itu Percetakan Digital Printing dan Offset Printing?

Setelah mengetahui apa itu percetakan, ternyata di dalam bidang yang satu ini ada berbagai macam jenis Printing yang bisa diterapkan, yaitu dengan Digital Printing dan juga Offset Printing. Hal seperti ini sering kali dipilih oleh para pengguna jasa. Ada juga penyedia jasa yang menawarkan metode percetakan agar suatu produk dibuat secara optimal.

Jika Anda masih merasa bingung dan asing dengan percetakan yang memakai metode Digital Printing serta Offset Printing, maka tak perlu merasa khawatir. Anda bisa mengetahui apa itu percetakan Digital Printing serta Offset Printing untuk mendapat info lebih lanjut beserta produk apa yang bisa dihasilkan melalui kedua metode ini, berikut ini ulasannya.

Percetakan Digital Printing

Sebagian dari kita mungkin ada yang sudah mendengar tentang Digital Printing. Akan tetapi ada juga yang masih mempertanyakan apa itu Percetakan Digital Printing? Mudahnya percetakan ini menggunakan hasil desain dengan format warna CMYK atau gambar digital yang ada dan kemudian menggunakan mesin untuk mencetak gambar atau tulisan secara langsung di atas media yang sudah ditetapkan. Beberapa contoh produk yang biasanya dicetak dengan menggunakan metode Digital Printing seperti spanduk, umbul-umbul, billboard atau baliho, neonbox, backdrop, poster, banner, produk fotografi dan stiker.

Percetakan Offset Printing

Percetakan Offset Printing ialah percetakan yang menerapkan metode mencetak gambar atau tulisan menggunakan mesin cetak dengan tinta basah dan memerlukan waktu untuk proses pengeringan hasil cetak. Tahap Offset Printing dimulai dari persiapan media yang akan dicetak (Kertas), kemudian siapkan gambar atau tulisan yang akan dicetak dan di transfer terlebih dahulu ke plat. Setelah itu dari plat baru ditransfer kembali ke lapisan karet. Jika sudah gambar atau tulisan ini baru transfer ke permukaan media yang sudah ditetapkan. Offset Printing sangat cocok untuk mencetak dalam skala yang besar.

BACA JUGA :  Berbagai Jenis ID Card Dan Fungsinya

Setelah mengetahui apa itu percetakan Offset Printing, ada baiknya Anda mengetahui apa saja produk yang dihasilkan. Offset Printing pada umumnya bisa mencetak kartu nama, cover, brosur, undangan, buku, kop surat, album foto, poster dan lainnya. Sekian penjelasan mengenai apa itu percetakan, semoga dapat menambah wawasan Anda.

Related Posts